Tugas Manajemen Strategik

Selasa Selasa, Maret 02, 2010 Written by Ambharr

1. a. Jelaskan bagaimana bagan proses manajemen strategi

b.      Jelaskan apa maksud dari bagan tersebut
>> Menetapkan arah dan misi organisasi ; Visi,misi dan tujuan akan menentukan arah yang akan dituju oleh organisasi. Tanpa adanya visi,misi, dan tujuan maka kinerja organisasi akan berjalan acak dan kurang jelas serta mudah berubah dan diombang-ambingkan oleh situasi eksternal.   
>> Memahami lingkungan internal dan eksternal ; Tujuan analisis lingkungan adalah untuk dapat mengerti dan memahami lingkungan organisasi. Lingkungan terdiri dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal. Lingkungan eksternal berada di luar perusahaan sedangkan lingkungan internal berada di dalam perusahaan.
>> Memformulasikan strategi ; Formulasi strategi ini meliputi pengembangan misi bisnis, analisa SWOT yang dimaksud dengan kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threat) mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal serta mengukur dan menetapkan kelemahan dan kekuatan internal dan menetapkan tujuan jangka panjang. 
>> Mengimplementasikan strategi ; Di dalam implementasi strategi, perusahaan diharapkan menetapkan atau merumuskan tujuan perusahaan tahunan, memikirkan dan merumuskan kebijakan, memotivasi karyawan serta mengalokasikan sumber daya sehingga strategi yang telah di formulasikan dapat dilaksanakan.
>> Mengevaluasi dan mengawasi strategi ; Evaluasi dan pengawasan strategi merupakan tahap terakhir di dalam proses strategi. Evaluasi strategi sangat diperlukan sebab keberhasilan perusahaan dewasa ini tidak menjadi jaminan keberhasilan perusahaan di masa yang akan datang.

2. a. Jelaskan apakah definisi MISI, TUJUAN organisasi
>> Misi ; Upaya atau usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan oleh organisasi. 
>> Tujuan ; Hal yang ingin di capai oleh organisasi.
b. Buatkan contoh rumusan masing-masing, dengan cara jelaskan dahulu apa  Definisi Bisnis (bidang usaha) organisasi/perusahaannya.
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (TELKOM) merupakan perusahaan penyelenggara bisnis T.I.M.E (Telecommunication, Information, Media and Edutainmet) yang terbesar di Indonesia. Pengabdian TELKOM berawal pada 23 Oktober 1856, tepat saat dioperasikannya layanan telekomunikasi pertama dalam bentuk pengiriman telegraf dari Batavia (Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor). Selama itu pula TELKOM telah mengalami berbagai transformasi. 
Visi >>To become a leading InfoCom player in the region Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
Misi >>Telkom mempunyai misi memberikan layanan " One Stop InfoCom Services with Excellent Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed Indonesian Corporation " dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.  Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.
3. a. Pengertian analisis lingkungan eksternal organisasi (EFAS)? 
EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary) >> ringkasan atau rumusan faktor-faktor strategis eksternal dalam kerangka kesempatan]dan ancaman
b. Meliputi faktor apa saja yang dianalisis dalam analisis lingkungan sosial (makro) dan lingkungan tugas (mikro), sebutkan masing-masing? 
      Lingkungan eksternal :
Terdiri atas dua variabel yakni peluang (opportunity) dan ancaman (threats)
Lingkungan internal :
Terdiri atas dua variabel yakni kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness)

0 Response to "Tugas Manajemen Strategik"

Posting Komentar